Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ingin Website jadi Page One? Kuasai Jenis-jenis SEO Berikut Ini

Jenis-jenis SEO
Ilustrasi SEO

InfoNgeteh - Belajar secara autodidak terkadang membuat otak merasakan gejala cenut-cenut layaknya habis terbentur benda keras. Salah satunya mempelajari SEO. 

SEO yang efektif dapat menaikkan rating website ke halaman utama Google, atau istilah kerennya pejwan. 

Jika dijabarkan secara luas akan menghadirkan kepusingan yang nyata pada kepala anda. Tapi jika dirangkum dengan metode to the point, langsung masuk ke bahasan utama akan memudahkan otak dalam mempelajarinya. 

Rangkuman ini dinamakan jenis-jenis SEO dan bagaimana menerapkannya dalam website maupun page anda. 

Tanpa basa-basi lebih banyak lagi, segera simak materi singkat berikut ini.

Jenis-jenis SEO

Dalam mengoptimasi mesin pencari, ada banyak roma menuju ke jalan, maksudnya terbalik eh.

Jalan-jalan termudahnya . . . 

1. SEO on Page

Optimisasi menyeluruh pada setiap halaman yang ada di dalam website itulah SEO on page. 

Pada halaman website mempunyai banyak komponen yang menyusunnya, seperti judul, sub judul, paragraf, kalimat dan sebagainya. 

Agar SEO teroptimisasi dengan baik, maka komponen-komponen halaman tadi harus distandarkan menurut kriteria yang Google berikan. 

Misalnya, memberikan judul tidak boleh asal-asalan, karena hal pertama yang di crawl oleh google yaitu judul, baru kemudian dicocokkan dengan materinya/paragraf penyusunnya. Judulnya digital marketing tapi paragraf berisi tutorial membuat nasi goreng, jelas akan didepak oleh Google.

Yang pada intinya tujuan dari SEO on page ini yaitu menyelaraskan antara judul dengan isi/paragraf, sub judul dan tag yang digunakan.


2. SEO off Page

Jikalau SEO on page merupakan optimisasi pada konten dalam setiap halaman website, makan SEO off page merupakan optimisasi yang dilakukan di luar hal itu semuanya.

SEO on page merupakan faktor internal sedangkan SEO off page merupakan faktor eksternal yang dapat menaikkan rating sebuah website.

Mengoptimalkan situs dengan faktor eksternal meliputi link building istilah lain dari backlink, sosial media, influencer dan forum.

Melalui backlink, atau link website kita yang dijadikan sebagai rujukan sebuah website yang lebih besar, contohnya kompas. Maka hal ini akan menaikkan nilai dari web, authority nya naik gitu. Imbasnya Google akan memberikan perhatian lebih pada web kita.

Sosial media dan forum bisa digunakan untuk membuat audiens senantiasa ingat dengan web kita(brand). Hal ini lebih kepada iklan secara gratis di sosmed berhadiah awareness.

Baca juga : Apa itu SEO? Manfaat SEO yang Harus Kamu Tahu

3. SEO secara Teknikal

Teknikal SEO merupakan tindakan-tindakan secara teknis yang dapat mengoptimalkan website supaya sesuai dengan kriteria yang dimiliki oleh algoritma. 

Teknik SEO ini meliputi beberapa bagian, seperti kecepatan loading, sitemap, internal link dan sertifikat SSL.

Terus cara kerjanya bagaimana? 

Kecepatan Loading

Kecepatan loading dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti kecepatan hosting, tampilan website yang terlalu rame.

Mengenai hosting, jika belum mempunyai modal banyak, sebaiknya menggunakan hosting gratisan, contohnya blogspot. 

Sedangkan tampilan atau user interface sebaik mungkin dibuat simpel dan user friendly. Ketika orang baru lihat langsung mudah paham cara pengoperasiannya.

Selain itu, ada pula coding-coding yang tidak perlu sebaiknya dihapus dari elemen. 

Oh iya, Bagaimana cara melihat performa website kita?

Kalian bisa mengunjungi pagespeed insight untuk melihat performa situs. Bahkan hal-hal yang membuat situs lambat akan ditampilkan di kolom permasalahan yang harus diperbaiki.

SSL 

SSL mempunyai kegunaan untuk melindungi situs dari serangan-serangan cracker. 

Keamanan situs akan berpengaruh pada keamanan data user yang singgah di web kalian. Jadi sebaiknya daftarkan dan atur keamanan web dengan program SSL.

Internal Link

External link nama lainnya backlink, tapi kalau internal link ya internal link. Wkwk

Internal link yaitu tautan antar page di dalam page/halaman yang disesuaikan dengan temanya. Misalnya membahas sebuah SEO, dimulai dari artiannya sampai jenis-jenisnya dan penerapannya. Semua bahasan ini bisa dijadikan judul-judul yang berbeda tapi dalam koridor SEO. 

Nah, internal link menautkan setiap page artikel dengan mencantumkan link page lain di dalamnya. Sehingga dalam website kalian terbentuk jaring-jaring artikel dengan kemiripan tema.

Sitemap.xml

Code sitemap.xml mempunyai peran yang sangat krusial di dalam sebuah website. Karena dari file inilah mesin pencari dapat melihat keberadaan situs kalian.

Sitemap berisi informasi setiap halaman yang sudah kalian tulis. Sehingga file ini mempermudah mesin pencari dalam memilah informasi.

Sudah Siapkah Kalian Menerapkan Berbagai Jenis SEO?

Jika melihat kembali rangkuman jenis-jenis SEO, maka sejatinya kalian sedang melihat SEO secara teknikal.

Namun yang perlu kalian sadari bahwa jangan terpaku dengan optimisasi mesin pencari saja. Karena audiens kalian sebenarnya adalah manusia. Maka gunakanlah bahasa manusia bukan bahasa mesin saja.

Lebih lanjut lagi, seorang kreator memang dituntut untuk kreatif merdeka meski banyak dinding-dinding yang membatasi.

Semoga bermanfaat! ^_^

Posting Komentar untuk "Ingin Website jadi Page One? Kuasai Jenis-jenis SEO Berikut Ini"